You need to enable javaScript to run this app.

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI MELALUI MEDIA LMS MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA 1

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI MELALUI MEDIA LMS MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA 1

ABSTRAK

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI MELALUI MEDIA LMS MOODLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA 1

Oleh : Cici Hartijah, S. Pd.

 

LMS merupakan singkatan dari Learning Management System (Sistem Manajemen Pembelajaran), yakni istilah global untuk sistem komputer yang dikembangkan secara khusus untuk mengelola kursus online, mendistribusikan materi pembelajaran dan memungkinkan kolaborasi antara peserta didik dan pendidik. LMS memungkinkan untuk mengelola setiap aspek kursus, mulai dari pendaftaran hingga penyimpanan hasil tes, dan juga memungkinkan untuk menerima tugas secara digital dan tetap berhubungan dengan peserta didik. Moodle diartikan sebagai paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL. LMS ini juga memberikan akses pada pendidik dan peserta didik untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar peserta didik di sekolah. Salah satu fitur dalam LMS moodle yang digunakan adalah course management, di dalamnya ada menu untuk pembuatan kelas atau course sesuai dengan yang diinginkan, ada di menu course format. Ada 4 jenis course yang bias dipilih, yaitu single activity format, social format, topics format dan weekly format. Single activity format digunakan untuk aktivitas tunggal, biasanya digunakan untuk melaksanakan ujian atau penilaian akhir. Social format biasa digunakan untuk forum diskusi. Topics format diguanakan untuk membuat kelas yang di dalamnya ada beberapa aktivitas peserta didik berdasarkan topik atau bab. Weekly format sama dengan topics format hanya saja aktivitas peserta didiknya berdasarkan minggu. Dalam penelitian ini, peneliti memilih format kelas topics format dalam pembelajarannya. Di dalam kelas tersebut diisi dengan aktivitas peserta didik meliputi : Pertama Page untuk menyampaikan materi berupa tulisan atau menyisipkan link menuju ke penjelsaan materi berupa video dari youtube,. Kedua File untuk melampirkan file materi atau tugas. Ketiga Assignment untuk penugasan yang pengumpulannya menggunakan lampiran file hasil pekerjaan peserta didik. Keempat Quiz untuk memberikan soal-soal latihan kepada peserta didik dan penilaian harian. Di dalam aktivitas quiz terdapat bermacam-macam pilihan bentuk soal, diantaranya pilihan ganda (multiple choice), benar/salah (true/false), menjodohkan (matching), isian singkat (short answer), essay dan lain sebagainya. Kelima Forum untuk memberikan tempat kepada peserta didik melakukan tanya jawab.

Kata kunci : minat, hasil belajar, Media LMS, Moodle

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar